Rabu, 23 Juni 2010

Db4o Sebagai Database Berorientasi Objek(Object Oriented Database atau OODB)

         Wooke....hihihi...kali ini saya ingin menceritakan tentang DB4O. Seperti yang kita ketahui sekarang Pemrograman Berorientasi Objek(Object Oriented Programming atau OOP) sudah sangat populer dan berkembang dengan pesat. Nah...selain OOP ternyata teknologi database pun ikut berkembang. Berkembangnya teknologi database mulai dari model hierarchial, network, dan kemudian ke model      relational jika dikaitkan dengan teknologi OOP maka dapat dikatakan teknologi database pun berkembang menjadi model Database Berorientasi Objek(Object Oriented Database atau OODB).
           
       Pada perkembangannya terdapat berbagai produk software OODB, yaitu: ObjectDB, DB4O, ObjectStore dan lainnya. Namun saya hanya membahas tentang DB4O, khususnya DB4O untuk JAVA.

          DB4o dapat berjalan di dua platform, yaitu JAVA dan dotNet. DB4o sangat unik karna dapat di-embed kedalam equipment atau device, seperti : server platform, desktop, bahkan mobile. Hal ini dikarenakan DB4O memiliki Footprint yang cukup kecil. Meskipun demikian class library DB4O menyediakan berbagai fitur yang lengkap sehingga menjadi sangat cocok untuk di-embed kedalam aplikasi.


               Jadi...apakah anda tertarik menggunakan OODB?sudah pasti anda harus mengerti konsep OOP terlebih dahulu....hihihihi... ^_*...next time saya akan membahas contoh mudah penggunaan DB4O untuk JAVA.  Anda juga bisa mendownload DB4O disini atau kunjungi langsung situs resminya www.db4o.com.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

sumber :
      


Tidak ada komentar:

This blog just for java programing language....So you can learn more about java, java, java, and java....

Google